Aku, Dia dan Mereka

Sebuah Pencarian dan Pembelajaran Diri

Selasa, 15 Desember 2009

MATERI REKLAME

GAMBAR REKLAME
Kelas 8 / Semester Ganjil

A. Pengertian:
Berasal dari kata Spanyol
re = berulang-ulang
clamo = seruan
artinya seruan yang berulang-ulang
B. Ragam Reklame
Di kelompokkan menjadi 4 yaitu:
berdasar tujuan pengadaanya
Reklame komersial: reklame yang di buat untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya biasanya di tawarkan oleh perusahaan atau badan usaha agar masyarakat tertarik membelinya.
Contohnya: reklame suatu produk di TV (sabun, parfum, bank dll)
Reklame nonkomersial: reklamae yang di buat untuk sosial yang bertujuan mengajak, menghimbau, memberikan informasi kepada masyarakat biasanya di lakukan oleh pemerintah atau lembaga sosial.
Berdasar tempat pemasangan:
1. Reklame indoor
Jenis reklame yang cocok di letakkan didalam ruangan yang bahannya tidak tahan air dan matahari
Contohnya: mobile, flag, wobler, hanger, buklet, brosurdn etiket
2. Reklame outdoor
Jenis reklame yang berada di luar gedung dan bahannya tahan lama dan biasanya berukuran besar
Contohnya: spanduk, billboard, baliho, papan nama dan logo
Berdasar sifatnya:
1. Media penerangan: reklame yang bersifat menyampaikan informasi kepada masyarakat
Contohnya: ”Katakan tidak pada narkoba” dll.
2. Media peringatan: reklame yang bernada mengingatkan masyarakat akan sesuatu
Contohnya: ”Hati-hati sering terjadi kecelakaan”
3. Media ajakan atau permintaan: rekalame yang bernada meminta atau mengajak masyarakat agar bersedia untuk memenuhi ajakan/permintaan
Contoh: ”Setetes darah anda menyelamatkan jiwa sesama”
Berdasar medianya
1. Reklame Audio
Reklame yang di wujudkan dengan media suara atau bunyi baik langsung maupun tidak, biasanya di siarkan melalui stasiun radio, tape recorder atau bunyi-bunyian
2. Reklame Visual
Reklame yang di wujudkan dalam bentuk gambar
Contohnya:
1. Poster: jenis reklame yang berupa gambar bentuk barang, jasa dengan tulisan
2. Spanduk: reklame yang di buat di atas kain yang biasanya di bentangkan di atas jalan
3. Plakat: reklame yang berupa gambar barang atau jasa berisi gambar dan huruf di buat pada kertas, papan, plat logam yang di pasang di tembok dan pohon
4. Etiket: reklame yang terdapat pada barangnya berupa nama produk barang dan keterangan, bentuknya kecil dengan tujuan komersial
5. Leaflet: reklame yang terdiri dari gambar dan tulisan berupa informasi, di buat pada kertas yang di lipat menjadi 3 atau 4
6. Brosur: reklame yang berupa huruf dan gambar yang di buat di ukuran kertas kecil dengan dengan di sablon atu di offset
7. Logo: reklame berupa simbol atau lambang suatu badan usaha, lembaga baik milik negara maupun swasta dan gambarnya mewakili simbol lembaganya.
8. Papan nama: reklame yang berupa gambar, huruf dan logo yang berfungsi untuk memberi indentitas suatu lembaga atau badan usaha, di buat dari kayu, plat atu plastik fiber
9. Slide: reklame yang terdapat di layar lebar
10. Baliho: reklame yang berupa gambar dan tulisan yang di buat dari triplek, kain, plat berukuran besar terdapat di jalan
3. Reklame Audiovisual
Reklame yang menggunakan media suara, gambar dan menggunakan tehnologi elektronik, digital, seni rupa, musik dan peran
Contoh: iklan di TV, bioskop
C. Prinsip-prinsip Menggambar Reklame
Dalam menggambar reklame mencakup 4 hal, yaitu:
1. Komunikatif
Reklame sebaiknya mudah di terima oleh masyarakat, mengena untuk itu gambar atau huruf hendaknya jelas, singkat, padat sedangkan bentuk objek menarik, jelas dan kontras warnanya.
2. Komposisi
Penataan gambar dan huruf sebaiknya di tata dengan harmonis sehingga memudahkan masyarakat untuk membaca infomasinya
Kesatuan
Antara gambar dan hurufnya tidak boleh lepas dan saling terkait/mendukung maksud yang akan di sampaikan
3. Pusat perhatian
Gambar reklame harus menarik perhatian dengan adanya pusat perhatian pada gambar reklame dan ada unsur yang dominan yang dapat di ciptakan dengan warna yang kontras, objek yang unik dan kalimat yang menggigit

Label:

1 Komentar:

Blogger amaysa mengatakan...

oke buu :)

18 Desember 2009 pukul 01.29  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda